10 Tips Menjadi Pengusaha Servis Ponsel Yang Sukses

Anda telah menjalani atau baru memulai terjun ke bisnis jasa servis hp. Pastinya Anda akan berkerja keras untuk menawarkan layanan terbaik dan mencoba mengungguli pesaing Anda namun tidak bisa Anda mendapatkannya dengan gampang disegmen yang kompetitif ini.

10 Tips Menjadi Pengusaha Servis Ponsel Yang Sukses
Image dari prizminstitute.com

Apakah Anda ingin tahu bagaimana Anda bisa mengungguli dari pesaing Anda dan dapat berhasil di bisnis pada bidang perbaikan ponsel?

Oke silahkan Anda baca lebih lanjut!

Hari ini MTKDeveloper akan berbagi dengan Anda beberapa tips penting untuk menjadi sukses dalam bisnis servis perbaikan ponsel.

Anda sangat perlu mengikuti tips yang MTKDeveloper kutip dari prizminstitute.com berikut tipsnya:

1. Lokasi

Lokasi adalah salah satu kriteria yang paling penting untuk sebuah bisnis agar bisa sukses. Lokasi pusat layanan Anda haruslah mudah diakses baik di perumahan maupun di tempat pusat perbelanjaan.

2. Teknisi Terampil

Secara berkala untuk mendapatkan teknisi yang terampil dan berpengalaman adalah tugas yang sangat sulit bagi orang-orang yang terjun kebisnis ini. Ada yang melakukan pekerjaan yang sebelumnya belum pernah menangani kerusakan yang agak rumit dikalangan teknisi junior yang kadang-kadang menyebabkan beban besar pada pemilik yang menjalankan bisnis perbaikan ponsel ini.

Oleh karena itu perlu untuk selalu memiliki beberapa teknisi cadangan yang bisa Anda pertahankan untuk menghindari ketika ada teknisi yang senior lainya pergi. Mesti ada rasio yang seimbang antara teknisi senior dan junior.

Hal ini juga sangat penting untuk teknisi junior sehingga mereka lebih cepat dalam menanganin pekerjaan yang sulit dan rumit juga.

3. Suku Cadang Sperpart

Ketersediaan suku cadang sperpart di tempat usaha Anda adalah hal yang sangat penting dalam bisnis perbaikan ponsel. Anda akan dapat memberikan layanan cepat hanya jika suku cadang sperpart yang lengkap tersedia di tempat usaha Anda. Jika ada sperpart yang tidak tersedia, Anda tidak akan dapat memperbaikinya.

Kadang-kadang, perbaikan akan tertunda karna keterlambatan dalam mendapatkan suku cadang  yang sesuai atau kompetibel.

Oleh karena itu, jika Anda ingin tumbuh diusaha ini, pastikan Anda mengatahui sumber terpercaya dari penjual sperpart baik di kota Anda dan di luar kota dan untuk saat ini sudah banyak sekali penjual sperpart menjualnya melalui sistem online. Karna hal ini penting untuk persediaan suku cadang yang optimal.

Dan memasok persediaan yang berlebihan, Kadang dalam jangka panjang harga suku cadang sering turun.

4. Layanan Cepat

Ponsel saat ini sesuatu yang sangat diperlukan, semua orang melakukan sesuatu ingin tetap dalam waktu sesingkat mungkin, tidak ada yang bersedia menunggu lama. Disini kita sebagai penyedia atau teknisi perbaikan ponsel harus sangat cerdas pada saat ini, dimana perkembangan teknologi ponsel/smartphone sangat pesat.

5. Otomasi Sistem Pembukuan

Jika Anda ingin menjadi seorang propesional ada berbagai perangkat lunak yang tersedia secara eksklusif untuk bisnis perbaikan ponsel yang meliputi harga spartpart, status perbaikan, keuntungan/retur, persediaan, dll.

6. Estimasi

Hal ini lebih baik untuk mengutip biaya perbaikan dibawah pesaing Anda. Seiring dengan suku cadang berkualitas baik. ini merupakan sebuah tantangan untuk menjaga harga lebih rendah daripada yang lain untuk mendapatkan reputasi yang baik.

Di sisi lain, Anda juga harus tahu bahwa Anda tidak dapat menawarkan layanan terbaik dengan harga yang murah. Jadi Anda memutuskan harga kesepatan dengan si pelanggan.

7. Perbaikan Tingkat Lanjutan

Jika Anda memperbaiki smartphone atau tablet yang tidak dapat diperbaiki oleh pesaing Anda. Anda akan mendapat point lebih dimata pelanggan, dimana kadang berita ini menyebar dari mulut ke mulut dan ini akan sangat bermanfaat dan menguntungkan bagi usaha kita.

8. Promosi

Promosikanlah usaha Anda baik media offline maupun online seperti via Facebook, Web/Blog, Twitter dll.

9. Fasilitas Menarik

Beberapa fasilitas harus diberikan kepada pelanggan yang dimana pesaing Anda lainya jarang menawarkannya. Pelanggan harus memiliki alasan untuk memilih Anda diantara lainya.

10. Feedback / Umpan Balik 

Meminta meminta umpan balik dari pelanggan akan membiarkan Anda tahu atas layanan yang Anda berikan. Hal ini penting untuk mengetahui apa yang pelanggan rasakan sehingga dapat membantu Anda untuk meningkatkan pelayanan lebih lanjut.

Pesan : Bentuk yang paling kuat dari pemasaran dan promosi yang terbaik adalah dari mulut ke mulut, tidak ada bisa mengalahkan itu. Oleh karena itu, sangat penting untuk mempertahankan pelanggan Anda puas agar usaha Anda bisa tumbuh dengan cepat.

Artikel Terkait