Senin, Juli 29, 2013

Tips dan Trik Pencarian di Google


Berikut adalah beberapa tips dasar serta beberapa rahasia yang dapat di gunakan pada Google untuk membantu meningkatkan hasil pencarian Anda dan menemukan hal-hal yang mungkin tidak pernah terpikirkan.

1. Pencarian dengan teknik Group, untuk menemukan hasil yang maksimal. Misalnya, jika Anda sedang mencari tentang tutorial komputer, Anda akan menemukan hasil yang baik jika kata tersebut di apit dengan tanda kutip seperti : "tutorial komputer".

2. Jika anda tidak ingin mencari informasi tentang tutorial komputer tapi tidak ingin halaman pencarian berisi kata windows, anda bisa mengguankan teknik seperti ini : "tutorial komputer"-windows.

3. Google mendukung rentang nomor, misalnya, jika Anda sedang mencari informasi tentang tutorial komputer antara tahun 2000-2010 anda dapat mengetikkan : "tutorial komputer" 2000 .. 2010.

4. Gunakan tanda plus (+) dan Min (-).  Bukan hanya aritmatika aja loh yang ada penjumlahan dan pengurangan ternya Google juga bisa kok. Rahasia Google ini sangatjarang digunakan oleh kabanyakan pencari informasi di Google. Tanda (+) untuk menambah kata yang ingin di cari pada pencarian informasi. misalkan "tokoh komputer dunia" + Indonesia. Hasilnya selain mencari keyword "toko komputer dunia" google juga akan menempatkan hasil pencarian teratas jika ada keyword "Indonesia". Tanda (-) tentu saja untuk mengurangi hasil pencarian. Lalu apa gunanya? kenapa kita harus mengurangi hasil pencarian. Ini dikarenakan google mengindex semua layanan yang dianggapnya penting. Tidak peduli apakah itu sebenarnya hanay iklan, berita, bookmarking dsb. Coba anda bayangkan kita akan mencari soal spikotes, tapi yang muncul hanya iklan dari orang yang menjual soal psikotes. Maka dari itu dan oleh karena itu kita gunakan tanda (-) untuk menghilangkan iklan. Menjadi "soal psikotes" - iklan. Bisa juga anda menggunakan google supaya tidak mencari disitus tertentu.

5. Lihat halaman Google operator, yang berisi daftar puluhan operator yang memungkinkan tersedia pada Google. Sebagai contoh, pencarian ini akan mencari URL yang mengandung kata tutorial komputer : allinurl: tutorial komputer.

6. Kunjungi halaman Google Fitur, yang berisi daftar ratusan contoh yang berbeda dari hal yang dapat Anda temukan melalui Google dan bagaimana cara untuk menemukan informasi yang kalian butuhkan.
 

  • Lihat definisi kamus Google untuk daftar puluhan layanan Google lainnya.




    1. Berikut adalah beberapa pencarian yang lebih baik dan mungkin dari sebagian temen-temen banyak yang belum tahu berikut contohnya:
      intitle: index.of + mp3-asp-html-htm-php-pls-txt
      Dalam contoh di atas, ketika Anda masuk ke Google hasil pencarian ini terlihat untuk setiap file MP3 dan yang tidak mengandung halaman web standar seperti HTML, PHP, dll. Dalam contoh di atas Anda dapat mengganti dengan mp3 avi atau ekstensi file lainnya.
      intitle: index.of + mp3 "<nama artis, lagu, atau group>"-asp-html-htm-php-pls-txt
      Dalam contoh di atas, Anda bisa mengganti "<nama artis, lagu, atau group>" dengan nama artis, lagu, kelompok/group band, atau nama MP3 lain yang Anda cari. Perlu diingat saat men-download MP3 Anda harus memiliki judul lagu yang ingin di download.
      Disqus comments