Kamis, November 14, 2013

Ingin menjadi 'App'reneur? Berikut adalah cara untuk menghasilkan ide-ide baru dan memicu kreativitas


Banyak anak-anak muda yang mempunyai ide cemerlang untuk membuat sebuah aplikasi mobile dan di mana keadaan ini hanya di implementasikan sebatas hobi saja, tapi mereka seringkali lupa berpikir untuk bagaiman menjadi seorang 'App'renuer. Appreuner sendiri simpelnya menurut saya adalah seorang pengusaha 100% bisnisnya di fokuskan pada industri aplikasi mobile.
Apakah Anda ingat pada tahun 1997 "Think Different" Sebuah kampanye iklan dari Apple dimana Apple yang kita tahu dan kita kenal sampai hari ini? Ini adalah karya pemasaran yang menggambarkan jiwa merek Apple.

“I want to be much better. I don’t care about being different. We’ll have to be different in some ways to be much better, but that’s the prize–wouldn’t you agree?” - See more at: http://blog.kiwitech.com/?p=1815#sthash.B2m6xZ9n.dpu

Ingin menjadi 'App'reneur” pada PHP

"Aku ingin menjadi lebih baik. Saya tidak peduli tentang menjadi berbeda. Kami harus berbeda dalam beberapa hal untuk menjadi jauh lebih baik, tapi itu hadiah yang tidak Anda setuju? "Kata Stave Jobs pada konferensi WWDC 1997 Apple.

"Setiap produk yang baik yang pernah saya lihat adalah karena ada sekelompok orang yang sangat peduli tentang membuat sesuatu yang indah bahwa mereka dan yang teman-teman mereka inginkan. Dan mereka ingin menggunakannya sendiri," kata Steve Jobs.

Tidak diragukan lagi, Steve Jobs adalah seorang pemikir kreatif yang juga menyadari komersial. Bahkan, pengaruh Stave Jobs dan popularitas di kalangan yang disebut "Generasi Apple" membuat inovator kedua terbesar sepanjang masa, di belakang Thomas Edison, dalam Lemelson-MIT Invention Index 2012. Ini bukan karena produk yang indah dan inovatif yang ia ciptakan, tetapi untuk kesediaan untuk berpikir secara berbeda tentang bagaimana kita bekerja dan metode atau alat yang kita gunakan,

Memang benar bahwa keterampilan pertama yang Anda butuhkan untuk menjadi sukses sebagai 'App'reneur adalah untuk berpikir secara berbeda. Anda perlu memiliki beberapa ide segar dan Anda harus menjadi kreatif di sekitar sini. Proses dalam mengembangkan aplikasi mobile tidaklah sulit atau sederhananya mungkin berpikir, tetapi mengingat perkembangan aplikasi yang terus berubah menjadi semua lebih penting bahwa Anda harus terus hadir dengan ide-ide kreatif untuk mengembangkan aplikasi menakjubkan konsumen.

Namun, Anda perlu ingat bahwa Anda tidak bisa mendekati pertumbuhan inovasi dan inisiatif dengan pola pemikiran yang sama yang mana Anda telah mengikuti selama beberapa waktu ini. Anda tidak dapat terus melakukan hal yang sama setiap hari dan mengharapkan hasil yang berbeda. Anda perlu untuk memperluas kotak kemungkinan Anda untuk menemukan cara cerdas untuk berkomunikasi dan memvisualisasikan ide produk inovatif.

Dan ketika Anda memulai proses, Anda mungkin menemukan bahwa ide Anda sebenarnya tidak terlalu asli, tapi mungkin Anda! Anda dapat dengan mudah membuat perbedaan dalam pendekatan Anda terhadap solusi, pengetahuan produk Anda, gairah Anda, dan tekad Anda. Sebagai 'App'renuer, Anda pasti ingin membuat dampak dalam hal menghibur pelanggan Anda dan memberi mereka benar-benar nilai untuk uang.

Salah satu yang dapat meningkatkan kemampuan kreatif mereka dengan memahami prinsip-prinsip dasar dan memegang beberapa aturan penting. Kreatifitas pada dasarnya terdiri dari - divergensi dan konvergensi. Divergensi berarti stimulasi pemikiran baru dengan melakukan diversifikasi dan mengeksplorasi, sementara konvergensi adalah proses dalam memilih yang terbaik dari ide-ide yang dihasilkan oleh perbedaan. Ingat, dua proses yang berbeda, jadi mencoba untuk melakukannya sekaligus tidak akan memberikan jenis hasil yang akan Anda harapkan. Berikut adalah beberapa tips untuk mematahkan pola pikir Anda untuk datang dengan sesuatu yang baru.

Menantang Asumsi

Definisi asumsi sendiri adalah diasumsikan bahwa kebenaran tidak dipertanyakan. Kita juga sadar semakin bertambah umur semakin sulit pula belajar terutama hal-hal baru. Pepatah asing yang kurang sedap di telinga mengatakan "Kita tidak bisa mengajarkan trik baru kepada seekor anjing tua." Mengapa? Karena semakin tambah umur kita cenderung merasa diri kita sudah sempurna, mapan, komplit, dan mantap, karena itu tidak perlu lagi di ubah atau diperbaharui. Dengan kata lain: Kita menganggap sudah tamat belajar.

Berpikir secara terbalik

Berpikir kreatif sering  mencoba melibatkan ide kebalikan dari apa yang umumnya orang akan ikuti. Dalam kasus Anda merasa terjebak dan tidak datang dengan sesuatu yang baru, cobalah mengubah hal-hal terbalik. Dari pada berfokus pada bagaimana Anda bisa memecahakan masalah, berpikir tentang bagaimana Anda bisa membuat masalah. Setelah Anda mulai mendapatkan ide.

Jangan berpikir paralel

Metode pemikiran ini dipopulerkan oleh Edward de Bono. Tujuan dari teknik ini adalah untuk melihat masalah dari berbagai sudut. Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa cara kita berpikir sedikit tidak teratur karena mengalir bebas. Berpikir paralel dapat meningkatkan imajinasi dan kreativitas seseorang, karena mendorong sesorang untuk melihat sesuatu dari perspektif yang baru dan gilirannya menemukan cara baru. Pemikiran paralel memfasilitasi perubahan perilaku yang besar di luar cara biasa berpikir.

Lakukan pemetaaan pikiran untuk mendaptkan ide-ide kreatif

Peta pikiran adalah cara klasik untuk mengeksplorasi ide-ide dengan cepat dan efektif. Dalam rangka untuk mebuat peta pikiran, Anda perlu mengambil satu ide dan keluar cabang ke berbagai ide terkait dan kemudian berpikir ke ide-ide yang kecil. Metode ini terbukti efektif karena memungkinkan Anda untuk melakukan banyak hal sekaligus. Proses ini dapat membuat proyek Anda lebih muda karena membantu Anda memecahkan hambatan untuk ide-ide yang Anda tidak akan mungkin pikirkan sebelumnya.

Kesimpulan: Untuk setiap calon pengusaha berpikir kreatif sangat penting karena dapat membantu untuk melihat peluang di lapangan atau datang dengan solusi yang unik untuk setiap masalah, yang landasan dari bisnis apapun. Dalam proses berpikir di luar kotak, adalah penting bahwa Anda kembali ke hal-hal yang menahan Anda. Kemampuan untuk mengambil pengetahuan, bahwa setiap pengetahuan orang memiliki akses ke - dan dengan berpikir secara berbeda dan kreatif - bisa mengakibatkan hal-hal yang inovatif dan menarik yang akan memberikan bisnis yang Anda inginkan.
Disqus comments