Kamis, Mei 22, 2014

Menambahkan Meta Tag di Blogger Untuk Meningkatkan SEO


SEO dan meta tag
Untuk mendapatkan lalu lintas pengunjung yang banyak di Blogger blog Sobat harus memiliki atau menambahkan Meta Tags. Meta Tag sebenernya hanyalah gambaran inti dari sebuah blog atau web. Tapi sangat penting untuk meningkatkan peringkat rangking di mensin pencari. Dari Mete Tags, crawler/bot dapat dengan mudah menemukan dokumen seperti penulis, bahasa, negara, platform, kata kunci, deskripsi dll. Jika blog Sobat memiliki ciri khusus, meta keyword dan meta deskripsi membantu blog sobat memilki lalu lintas pengunjung yang padat dari mesin pencari. Di WordPress ada ribuan plugin untuk meta tag. Tapi, di blogger Sobat harus menginpor secara manual. Di bawah ini ada beberapa meta tag dan deskripsi tentang meta tag.

<meta content='Blog description' name='description'/>
 Meta tag ini digunakan untuk menunjukan crawler tentang deskripsi singkat blog sobat. Hapus kata Blog description dan tempatkan deskripsi blog sobat.

<meta content='Keyword1,Keyword2,Keyword3' name='keywords'/>
Meta tag ini digunakan untuk mendukung kata kunci tersembunyi untuk blog sobat. Untuk mendukung kata kunci hapus pada Keyword1, 2, dan 3. Sobat isi dengan kata kunci untuk blog sobat, kata kunci tidak terbatas. Tapi ingat, 6 atau 7 kata kunci SEO lebih baik.

<meta content='Author Name' name='Author'/>
Meta tag ini digunakan untuk menentukan tentang penulis website / artikel / posting. Sobat dapat mengisi pada Author Name dengan menggunakan nama sobat atau link profil g+ sobat.

<meta content='Author Email Address' name='Email'>
Meta tag ini digunakan untuk alamat e-mail penulis. Gunakan alamat email sobat pada Author Email Address.

<meta content='index, follow'  name='robots'/>
Meta tag ini untuk mengizinkan crawler atau bot. 'index' memberikan izin untuk dapat mengambil artikel di search engine.

<meta content='Language Name' name='language'/>
Meta tag ini digunakan untuk bahasa yang digunakan pada blog sobat. Konfigurasi dengan menggunakan bahasa blog sobat. Sebagai contoh jika sobat menggunakan bahasa Indonesia akan terlihat seperti ini <meta content='ID' name='language/'>

<meta content='Country'  name='country'/>
Meta tag ini digunakan untuk menentukan negara blog sobat. Meta tag ini meningkantkan peringkat pencarian lokal sobat. Guanakan nama negara sobat pada Country.

<meta content='Engine' name='generator'/>
Meta tag ini digunakan untuk menentukan platform yang sobat gunakan untuk blog sobat. Gunakan nama platform sobat pada Engine. Sebagai contoh jika sobat menggunakan Blogger maka akan terlihat seperti ini <mete content='Blogger' name='generator'>

<meta content='name of owner' name='copyright'>
Meta tag ini untuk melindungi teks dan gambar yang menyalin dari blog. Sobat mesti menggunakan meta tag ini. Gunakan nama penulis pada name of owner. Contoh: <meta content='efriyulianto.com' name='copyright'>


Bagaimana menambah Meta Tags di Blogger
Dibawah ini langkah-langkahnya

  • Login ke Dashboard/halaman Blogger sobat.
  • Pilih Template disebelah kiri.
  • Klik "Backup / Restore" di sudut kanan atas.
  • Kemudian klik Download Full Template.
  • Setelah selesai donwload klik tombol Close.
  • Klik "Edit HTML".
  • Tambahkan Meta Tags setelah <head> & sebelum </head>.
  • Lalu klik Simpan.
Sekian yang bisa saya share pada sobat tentang Meta Tags di Blogger. Di tunggu komentarnya.



Disqus comments