Breaking

logo

Senin, Mei 16, 2016

Memasang Google Tag Manager di Blogger

Memasang Google Tag Manager di Blogger
Sebenarnya ini merupakan tips yang sangat sederhana, namun diforum google masih banyak yang bertanya masalah tersebut dan menurut saya ini juga sangat bermanfaat maka pada kesempatan ini saya berusaha menulis buat sobat semua.

Blogger adalah layanan blogging gratis yang disediakan oleh Google. Seperti Wordpress, mereka memungkinkan sobat untuk menjalankan host blog di domain blogger.com, dan mereka juga memungkinkan sobat untuk mengubah mamupun memodigikasi sumber HTML.

Ini tentu saja, menjelaskan berarti kita diperbolehkan manambah kode Google Tag Manager untuk templete HTML kita.

Dibawah ini cara mengiplementasikan GTM pada blogger.

Dan saya anggap sobat telah memiliki account di GTM dan telah mendapat code GTMnya.

Pertama : Masuk ke akun blogger Anda, selanjutnya pilih templete - Edit HTML.

Memasang Google Tag Manager di Blogger

Kedua : copy-paste kode GMT container snippet setelah tag <body>.

Ingat tahap ini sangat penting, coba setelah anda paste code GTM anda save, setelah anda save akan tampil error seperti ini.

Memasang Google Tag Manager di Blogger

Sebenernya Blogger menunjukkan bahwa dibagian kode di GTM string seperti ini dl=l!='dataLayer'?'&l='+l:''; , , mesti sobat rubah ampersand (&) ke endcode HTML seperti ini (&amp;), sekarang string bisa kita lihat dl=l!='dataLayer'?'&amp;l='+l:'';

Hal ini perlu dilakukan mengingat format templete Blogger memilik pengkodean yang sangat ketat, dan tidak lolos atau non-dikodekan karakter khusus seperti ampersand akan menyebabkan kesalahan dalam template jika tetap kita implemantasikan.

Sekian tips yang bisa saya share semoga bermanfaat untuk sobat semua.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact