Breaking

logo

Kamis, Oktober 06, 2016

Cara menampilkan perintah fastboot yang di hidden pada perangkat Android

Cara menampilkan perintah fastboot yang di hidden pada perangkat Android
Sahabat setia, kali ini MTKDeveloper akan berbagi trik bagaimana cara melihat dan menampilkan fitur yang tersembunyi/hidden di sistem operasi Android.

Pastinya para pencinta sistem operasi Android ingin sekali mengekplorasi perangkat smartphone-nya yang berbasis Android.

fastboot yang di hidden pada perangkat Android
from xdadeveloper.com

Google sebagai pemilik resmi dan pengembang sistem operasi Android tidak seratus persen menampilkan dan memberi akses kepada para pengguna  untuk dapat mengakses segala fitur yang tersedia di android, maksudnya disini fitur yang ada dibalik layar sistem android seperti tool diagnosis hardware dll.
Mengutip dari xda-developer, kami akan berbagi kepada sobat MTKDeveloper bagaimana si caranya menapilkan fitur-fitur yang di hidden pada sistem operasi Android.

Ok tidak perlu panjang lebar disini kami akan membahas fitur-fitur yang ada di bootloader dan menemukan perintah fasboot-nya yang tersembunyi.

Untuk panduan kali ini kita lakukan pada perangkat Nexus 6P, dan tidak ada salahnya sobat mencoba mempraktekannya di perangkat android sobat dengan langkah-langkah yang kurang lebih seperti yang akan kita bahas diartikel ini.

Disclaimer : Jadi selama sobat lakukan dan mengikuti petunjuk dengan tepat, insaallah tidak akan terjadi hal-hal yang buruk pada perangkat sobat, namun kita tahu bahwa kita akan bermain-main dengan partisi dan bootloaderm, sehingga kami menyarankan dengan sangat sobat membackup/mencadangkan sistem operasi Android perangkat sobat dan semua data yang ada hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga apabila terjadi hal-hal diluar kendali kita. 



Persiapan
Sebelum kita mulai, ada satu hal yang benar-benar kita perhatikan dalam rangka untuk mengekstrak bootloader perangkat sobat, yaitu sobat memerlukan akses root pada ponsel sobat. Jadi terlebih dahulu perangkat dalam kondisi telah diroot.

Dan sobat pastikan bahwa driver adb/fastboot telah terinstal di komputer/laptop dengan baik. Dan yang belum punya driver usb untuk perangkat Google Nexus download disini dan untuk perangkat android lain disini.

Selanjutnya di perangkat android masuk menu setting - developer option - enable usb debugging dan hubungkan perangkan sobat ke pc via kabel usb. Buka command prompt di Windows dan ketik.

adb devices

fastboot yang di hidden pada perangkat Android

Jika tampil nomor seri perangkat, berarti driver telah terinstal dengan baik.

Dumping Bootloader

Langkah pertama kita adalah membuka shell pada perangkat Android kita sehingga kita dapat menjalankan perintah melalui ADB. Memang pilihan yang terbaik adalah kita menjalankan dengan perintah ADB dan perintah pertama yang harus kita jalankan di command prompt sobat adalah:

adb shell

Jika sobat melihat perubahan perintah pada direktori biner ADB yang menunjukan nama kode untuk perangkat Android sobat, maka sobat telah berhasil masuk ke baris shell perintah lokal perangkat sobat.

Sekarang, untuk dapat mengakses partisi yang kita butuhkan, maka sobat memerlukan akses superuser. Untuk melanjutkannya sobat ketik seperti berikut:

su

Simbol didepan codename perangkat sobat harus berubah dari $ ke # menjunjukan bahwa sobat sekarang dapat menjalankan perintah dengan super user, so hati-hati sekarang!

fastboot yang di hidden pada perangkat Android

Selanjutnya, kita akan mencari lokasi yang tepat di bootloader image perangkat sobat. Dalam rangka untuk mencari direktori yang tepat, kita akan menampilkan semua list direktori dan mencari "aboot" untuk itu sobat masukkan perintah sebagai berikut:

cd /dev/block/bootdevice/by-name
Is -ll

fastboot yang di hidden pada perangkat Android


Seperti yang kita lihat, dari list direktori partisi diatas diurutkan berdasarkan nama, sehingga kita dengan mudah melihat lokasi partisi bootloader. Dalam kasus ini, bootloader yang merupakan 'aboot' pada gambar diatas, dapat ditemukan di / dev / block / mmcblk0p10.

Tampilan seperti diatas bervariasi tergantung pada perangkat Android masing-masing, jadi sangat penting bahwa dengan sobat mengikuti petunjuk ini sobat dengan mudah mencari tahu dimana letak bootloader perangkat sobat.

Sobat perhatikan direkotri ini, namun buat sobat yang ingin Dump file bootloader bisa menggunakan perintah dibawah ini:

dd if=/dev/block/{YOUR ABOOT PARTITION} of=/sdcard/aboot.img

fastboot yang di hidden pada perangkat Android

Apabila proses diatas berjalan dengan suskses, maka sobat menemukan sebuah file yang bernama 'aboot.img' yang terletak di internal storage sobat. Dan kita telah dumping bootloader, dan kita perlu memeriksa untuk menentukan perintah tersembunyi yang dapat kita temukan.

Perintah Fastboot tersembunyi dan keterangan dari masing-masing perintah

Sobat mungkin akrab dengan beberapa perintah fastboot pada umumnya, fastboot flash dan fastboot boot. Ada banyak perintah fastboot sebagaimana didefinisikan dalam open source fastboot protocol.
Berikut daftar perintah fastboot yang tersedia pada bootloader pada setiap perangkat berdasarkan dari kode AOSP terbaru :

fastboot yang di hidden pada perangkat Android

Dari daftar diatas ada yang tidak ada yaitu perintah fasboot oem. Perintah-perintah ini memang merupakan perintah khusus untuk produsen perangkat Android, dan belum ada daftar atau dokumentasi yang komprehensif dimana saja yang menjelaskan untuk apa perintah oem fastboot yang tesedia.

Jika produsen perangkat sobat yang berisi perintah fastboot oem, sobat bisa lihat apakah perintah tersebut bekerja dan apabila tidak bekerja lebih sobat tidak perlu melakukan perintah apapun.

Berikut perintah fastboot oem yang ada pada Nexus 6P.

fastboot oem unlock-go
fastboot oem frp-unlock
fastboot oem frp-erase
fastboot oem enable reduced-version
fastboot oem device-info
fastboot oem enable-charger-screen
fastboot oem disable-charger-screen
fastboot oem enable-bp-tools
fastboot oem disable-bp-tools
fastboot oem enable-hw-factory
fastboot oem disable-hw-factory
fastboot oem select-display-panel
fastboot oem off-mode-charge enable
fastboot oem off-mode-charge disable
fastboot oem ramdump enable
fastboot oem ramdump disable
fastboot oem uart enable
fastboot oem uart disable
fastboot oem hwdog certify begin
fastboot oem hwdog certify close
fastboot oem get-imei1
fastboot oem get-meid
fastboot oem get-sn
fastboot oem get-bsn
fastboot oem get_verify_boot_status

Berhati-hatilah bahwa sobat tidak harus mencoba salah satu perintah di atas, atau salah satu perintah yang sobat temukan pada perangkat sobat, kecuali sobat bersedia untuk menerima risiko. Sepertinya ada alasan mengapa perintah ini disembunyikan dari pengguna.

Ada beberapa pengguna yang mencoba bereksperimen dengan perintah fastboot oem (enable|disable)-charger-screen, apa yang dilakukan dengan perintah ini adalah untuk menonaktifkan layar pengisian yang tampil pada saat perangkat sobat dimatikan. Perintah ini bisa sobat gunakan apabila sobat tidak menyukai kecerahan layar.

Dan berikut perintah fastboot oem off-mode-charger (enable|disable). Perintah ini menentukan apakah atau tidak perangkat sobat secara otomatis akan menyala ketika sumber listrik terdeteksi. Secara default perintah tersebut di 'disable' .

Ingat!! semua permasalahan mungkin sama tapi dalam menyelesaikan kasusnya belum tentu sama. Maka cobalah untuk kreatif.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact