Sabtu, April 01, 2017

Apa itu Bootloader?


Sistem Android sendiri merupakan sistem operasi berbasis open source.

Android tersedia di beragam jenis hardware yang berbeda, seperti yang kita ketahui  sistem Android saat ini tidak dikembangkan pada perangkat ponsel saja, namun diperangkat jam tangan sudah mulai dikembangkan. 

MTK SP Multi Port Download Tool

Masih banyak dari kita yang belum tahu apa itu bootloeder dan disini kita coba bahas sedikit tentang apa itu bootloader?

Bootloader adalah sebuah kode yang harus dieksekusi sebelum sistem operasi booting secara normal, seperti BIOS pada sistem operasi Windows.

MTK SP Multi Port Download Tool


Pada dasarnya, perangkat Android memiliki hard drive, yang kadang kita kenal dengan ic emmc yang memiliki beberapa partisi yang bertanggung jawab menyimpan file sistem Android beserta semua data aplikasi lain.

Dan untuk semua partisi ini, Bootloader (atau HBOOT) berfungsi sebagai sebuah pos pemeriksa keamanan yang bertanggung jawab untuk memeriksa dan menginisialisasi perangkat keras dan perangkat lunak untuk mulai boot up (menyala) secara normal.

Kenapa si Bootloder di kunci / unlock bootloader?

Kebanyakan bootloader terkunci, serta dienkripsi, termasuk pada perangkat Nexus yang dikenal dengan developer friendly.

Produsen biasanya mengunci bootloader untuk memastikan pengguna untuk tetap menggunakan os Android yang telah dirancang khusus untuk perangkat tersebut.

Dengan bootloader terkunci, maka tidak mungkin pengguna dengan mudah untuk flash custom ROM dan berupaya memaksa menginstal dengan ROM lain yang dapat membatalkan masa garansi-nya..

Seperti yang kita tahu, HTC telah memberikan tool resmi yang dapat membantu pengguna membuka bootloader perangkatnya. Dan produsen lain sedang mencoba melakukan hal yang sama.

Mengapa kita mesti membuka bootloader?

Bagi pengguna yang mencoba membuka bootloadernya yang pastinya ingin mengoprek-oprek perangkat androidnya entah itu melakukan root, flashing, dll.

Catatan: bootloader Unlocking dapat menghilangkan garansi dan juga sepenuhnya menghapus data memori internal seperti kontak, pesan, aplikasi, dll.
Disqus comments