Kamis, November 23, 2017

Keuntungan Dari Rooting dan Mengapa Android Anda Mesti di Root

Tags

Apa itu Rooting? Jika Anda salah satu pengguna ponsel ataupun tablet Android dan mencari alasan untuk mesti mengeroot perangkat Android Anda, maka artikel singkat ini cocok untuk Anda.

Karena pada artikel ini kita akan membahas keuntungan dan manfaat dari rooting. Rooting adalah proses yang memungkinkan Anda mengambil kontrol penuh pada Smartphone Android Anda. Dengan bantuan rooting Anda akan melakukan banyak hal pada  perangkat Anda seperti menginstal custom ROM, meningkatkan kinerja baterai pada perangkat Anda, menghapus sistem aplikasi yang tidak diinginkan, menginstal tweak dan melakukan memodifikasi lainnya di perangkat Android.

Sederhananya kita dapat mengatakan rooting itu memberikan izin level administrator pada perangkat Android dan Anda dapat menyesuaikan perangkat Anda sesuai kebutuhan Anda yang mana tidak bisa kita lakukan pada perangkat Android normal (Andorid yang belum di root).

Sebagian besar pengguna baru tidak menyadari tentang rooting dan dibawah ini adalah sebuah infographic yang dapat menjelaskan apa itu rooting.

Apa itu Rooting

Keuntungan dari Rooting/Jealbreaking Android

Dengan menge-root ponsel Android, memungkinakan Anda menginstal ROM khusus untuk dapat menjalankan versi Android lain yang tidak disediakan atau didukung oleh produsen handset tersebut dan dibawah ini keuntungan-keuntungan lainya:

1. Menginzinkan pengguna Smartphone untuk mendapatkan akases istimewa ke system operasi.
2. Anda dapat menginstal aplikasi superuser, yang tentu tidak kita lakukan pada perangkat Android yang belum di root.
3. Memungkinakan Anda dapat memodifikasi atau menghapus file system untuk melakukan berbagai tweak dan menggunakan aplikasi yang memerlukan akses root.
4. Banyak vendor Android menyediakan kemampuan untuk membuka kunci perangkat dan bahkan mengganti system operasi.
5. Kemampuan mengganti aplikasi pada sistem, pengaturan dan system operasi.
6. Membuka bootloader yang biasanya diperlukan untuk menghapus atau mengganti system operasi yang terpasang.
7. Setelah diroot semua pengguna dapat meng-uninstal aplikasi dengan perintah tertentu, yang mana perintah yang digunakan tidak dapat berjalan pada rom yang belum di root.
8. Anda dapat meload aplikasi apapun tanpa izin terlebih dahulu.
9. Secara dratis dapat meningkatkan kinerja dan overclock prosesor ponsel Anda.
10. Memungkinkan kita untuk dapat menginstal aplikasi pada microSD.
11. Merubah jenis fotn.
12. dan masih banyak lagi.

Dengan mengeroot perangkat Android Anda, tentu ada kuntungannya namun bukan berarti tidak ada kerugiannya juga, nah untuk kerugiannya apabila Anda tidak mengikuti panduan yang tepat dalam melakukan nge-root maka bisa mengakibatkan perangkat Android Anda menjadi unbrick bahkah bisa deadboot dan apabila berhasil nge-root tentu perangkat Anda akan kehilangan masa garansi, namun untuk masalah ini bisa Anda atasi dengan cara menginstal ulang/flash kembali perangkat Android dengan ROM Official.

Akhir kata inilah beberapa manfaat dan kerugian dari Nge-root Android. Sekarang semua terserah Anda apakah ingin di root atau tidak. Dan semoga artikel singkat ini bermanfaat buat sobat semua.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon