adsense

Apa Itu File ISO?

File ISO adalah file arsip yang berisi data dari sector-sector pada optical disk atau simpelnya file ISO menggabungkan semua file instalasi menjadi file terkompresi tunggal.

Jadi didalam file ISO ini berisi semua file yang akan Anda tulis ke cd/dvd.

Contohnya pada file ISO sistem operasi Windows.

Apa Itu File ISO

Lalu fungsi file ISO itu apa? Tentu banyak fungsinya.

Salah satu contohnya, ketika Anda ingin menginstal sistem operasi entah itu Windows ataupun Linux namun Anda tidak punya optical drive di pc atau dvd rw internal laptop Anda rusak.

Agar Anda tetap bisa melakukan instal ulang sistem operasi tersebut Anda membutuh file image yang berekstensi ISO dari sistem operasi Windows ataupun Linux.

Dan untuk mendapatkan file ISO sistem operasi tersebut cukup mudah Anda bisa langsung cari di Google dan ketik kata kunci "ISO Windows" atau "ISO Linux".

Nah untuk menjalankan file tersebut bisa Anda jalankan via USB dengan cara burning file iso tersebut ke usb flashdisk Anda karna sekarang sudah banyak aplikasi USB Bootable yang dapat gunakan untuk memburning file ISO ke flasdisk.

Memang untuk langsung membuka dan melihat isi dari file ISO ini sebenernya banyak cara.

Cara pertama Anda bisa ekstrak file tersebut dengan aplikasi winrar atau zip, caranya seperti biasa Anda mengekstrak file yang berekstensi .rar atau zip.

Cara kedua Anda bisa instal aplikasi Daemon Tools. Sebenernya banyak aplikasi lain juga yang bisa Anda gunakan untuk membuka dan melihat file yang ada di dalam file iso tersebut dan disini tidak saya sebutkan satu persatu silahkan Anda cari sendiri di Google.

Sekian artikel singkat tentang apa itu file ISO semoga artikel pendek ini bermanfaat buat Anda semua.

Belum ada Komentar untuk "Apa Itu File ISO?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel